Prediksi SSC Napoli vs Barcelona Rabu 26 Feb 2020

Raksasa La Liga Spanyol, Barcelona, akan berhadapan dengan tim Serie A Napoli untuk pertama kalinya dalam gelaran babak 16 besar Liga Champions, tengah pekan nanti. Barcelona yang bertindak sebagai tim tamu akan kunjungi Stadio San Paolo pada Rabu (26/2/2020) dinihari.

Rangkuman Performa Kedua Tim

Klub Serie A Napoli akan menghadapi Barcelona pasca pulang dari markas Brescia dalam lanjutan giornata ke-25 Serie A, akhir pekan ini. Performa Napoli beberapa waktu lalu memang sempat naik turun dan kurang stabil.

Namun, saat ini Napoli sepertinya telah bangkit. Hal ini dapat dibuktikan dengan catatan hanya sekali kalah dalam tujuh pertandingan terakhir pasukan Gennaro Gattuso di semua kompetisi baik itu liga lokal dan liga eropa.

Tim asal kota Naples ini melaju ke babak 16 besar dengan status sebagai runner-up Grup E. Napoli finish di urutan ke-2 di bawah Liverpool dengan koleksi 12 poin, selisih satu angka dari sang juara grup. Meski lolos sebagai runner-up, Napoli tak pernah sekalipun kalah di babak grup Liga Champions musim ini.

Dari kubu tamu, Barcelona akan menghadapi Napoli pasca berhadapan dengan Eibar pada lanjutan La Liga Spanyol, akhir pekan ini. Barca saat ini selalu sukses meraih kemenangan dalam dua pertandingan terakhir di semua ajang. Namun, anak asuh Quique Setién tercatat baru menang dua kali dalam tiga laga away terakhir mereka di semua kompetisi.

Berbeda dengan Napoli yang lolos sebagai runner-up, Barcelona lolos ke fase 16 besar dengan status juara Grup F. Di Grup F, Barca meraih empat kemenangan, dua hasil seri dan belum sekalipun terkalahkan. Lionel Messi dan kolega meraih 14 poin dalam enam laga, unggul empat poin atas Borussia Dortmund yang finish di tempat ke-2.

Statistik Menarik Kedua Tim

Sepanjang sejarah klub , Napoli telah lolos ke babak 16 besar Liga Champions sebanyak tiga kali, termasuk di musim 2019/2020 ini. Namun, dalam dua kesempatan sebelumnya, Napoli harus rela tersingkir, masing-masing oleh Chelsea dan Real Madrid. Menariknya, tim yang menyingkirkan Napoli selalu menjadi juara Liga Champions di musim yang sama.

Rekor Napoli di ajang Liga Champions terbilang tak begitu baik karena mereka baru meraih tujuh kemenangan dari 20 pertandingan terakhir di kompetisi ini. Il Partinopei bahkan hanya meraih enam kemenangan dalam 12 laga kandang terakhir di Liga Champions. Dari enam kemenangan tersebut, Napoli hanya menang sekali saat menjamu utusan Spanyol.

Meski punya rekor tak begitu bagus, Napoli setidaknya dapat bernapas lega karena Barcelona hanya mampu menang enam kali dalam 16 laga tandang terakhir di kompetisi Eropa. Namun saat terakhir kali kunjungi Italia, Barca menang 2-1 di San Siro atas Inter Milan. Kemenangan ini memutus rekor tak pernah menang Barca dalam delapan lawatan terakhir ke Negeri Pizza.

Telah 24 kali ikut serta di ajang Liga Champions, Barcelona tercatat selalu berhasil melaju ke babak 16 besar sejak musim 2004/2005. Statistik mereka di kompetisi ini pun hendaknya diwaspadai Napoli. Barcelona saat ini baru kalah dua kali dalam 29 pertandingan terakhir di kompetisi kasta tertinggi Benua Biru tersebut.

Prediksi Pertandingan

Pada pertandingan tengah pekan depan, baik Napoli maupun Barcelona sudah tidak diasuh oleh manajer yang membawa mereka lolos. Ernesto Valverde dipecat Barcelona usai kalah dari Atlético Madrid di ajang Supercopa de España. Sedangkan Carlo Ancelotti didepak dari kursi kepelatihan tepat setelah mengantar Napoli ke fase knock-out Liga Champions.

Walaupun sama-sama ditangani nahkoda anyar, peluang menang Barcelona terlihat lebih besar. Pasalnya, jika berkaca dari hasil beberapa pertandingan terakhir, tim asal Spanyol ini terlihat lebih kuat dari pasukan Gennaro Gattuso. Karenanya, laga Napoli vs Barcelona ini diprediksi akan berkesudahan dengan skor 0-2 untuk kemenangan tim tamu.